lunes, 3 de mayo de 2010

Selamat siang: Siapakah Allah?


1. Orang-orang menyembah banyak hal. Akan tetapi, Alkitab memberi tahu kita bahwa hanya ada satu Allah yang BENAR. Ia menciptakan segala sesuatu yang ada di surga dan di bumi. Oleh karena Ia memberi kita kehidupan, Ia adalah satu-satunya Pribadi yang harus kita sembah.—1 Korintus 8:5, 6; Penyingkapan (Wahyu) 4:11.

2. Allah mempunyai banyak gelar tetapi hanya mempunyai satu nama. Nama itu adalah YEHUWA. Dalam kebanyakan Alkitab, nama Allah telah disingkirkan dan telah diganti dengan gelar-gelar seperti TUHAN atau ALLAH . Akan tetapi, ketika Alkitab ditulis, nama Yehuwa muncul di dalamnya kira-kira sebanyak 7.000 kali!—Keluaran 3:15; Mazmur 83:19.
3. Yehuwa memiliki tubuh, tetapi bukan seperti tubuh kita. ”Allah adalah Roh,” kata Alkitab. (Yohanes 4:24) Roh adalah suatu bentuk kehidupan yang jauh lebih tinggi daripada yang kita miliki. Tidak ada manusia yang pernah melihat Allah. Yehuwa tinggal di surga, tetapi Ia dapat melihat segala sesuatu. (Mazmur 11:4, 5; Yohanes 1:18) Jadi, apakah roh kudus itu? Roh kudus bukanlah suatu pribadi seperti Allah. Sebaliknya, itu adalah tenaga aktif Allah.—Mazmur 104: 30.
4. Akitab menyingkapkan kepribadian Yehuwa kepada kita. Alkitab memperlihatkan bahwa sifat-sifat-Nya yang menonjol adalah kasih, keadilan, hikmat, dan kuasa. (Ulangan 32:4; Ayub 12:13; Yesaya 40:26; 1 Yohanes 4:8) Alkitab menceritakan bahwa Ia juga berbelaskasihan, baik hati, suka mengampuni, murah hati, dan sabar. Kita, sebagaimana anak-anak yang taat, harus berupaya meniru Dia.—Efesus 5:1, 2.


5. Apakah kita patut membungkukkan diri atau berdoa kepada patung, gambar, atau lambang dalam ibadat kita? Tidak! (Keluaran 20:4, 5) Yehuwa mengatakan bahwa kita harus menyembah Dia saja. Ia tidak akan membagi kemuliaan-Nya dengan siapa pun atau apa pun. Patung tidak memiliki kuasa untuk menolong kita.—Mazmur 115:4-8; Yesaya 42:8.
6. Bagaimana kita dapat mengenal Allah dengan lebih baik? Satu cara adalah dengan mengamati hal-hal yang telah Ia ciptakan dan memikirkan secara mendalam apa yang mereka ceritakan kepada kita. Ciptaan-ciptaan Allah memperlihatkan kepada kita bahwa Ia memiliki kuasa dan hikmat yang hebat. Kita melihat kasih-Nya melalui segala yang telah Ia buat. (Mazmur 19:2-7; Roma 1:20) Cara lain kita dapat belajar tentang Allah adalah dengan mempelajari Alkitab. Di dalam Alkitab Ia menceritakan lebih banyak kepada kita tentang Allah macam apa Dia itu. Ia juga menceritakan kepada kita tentang maksud-tujuan-Nya dan apa yang Ia ingin untuk kita lakukan.—Amos 3:7; 2 Timotius 3:16, 17.

No hay comentarios: